12/01/2015

Tips Menulis Bahasa Inggris: Semakin Sederhana, Semakin Tinggi Keterbacaannya







Tips menulis bahasa Inggris ini berguna bagi siapapun terutama yang ingin memublikasi tulisannya di blog. 

Kadang kujumpai tulisan berbahasa Inggris yang berputar-putar. kalimat-kalimatnya panjang dan kadang satu paragrafnya berisi banyak kalimat. Besar dugaanku kalau si penulis bukan seorang pemakai bahasa Inggris asli alias native speaker. Entah bagaimana tanggapan seorang penutur asli jika membaca tulisan seperti itu.

Satu hal yang patut diingat dan diterapkan dalam penulisan bahasa Inggris adalah keterbacaannya. Ada baiknya kamu baca ulang tulisanmu sebelum memostingnya. Kalau masih belum yakin, libatkan orang lain yang mengerti bahasa itu. Minta dia jadi proof readernya. Kalau tidak ada juga, cara termudah untuk mngetahui tulisanmu sudah atau kurang enak dibaca, kamu bisa mengeceknya secara online.

Tingkat keterbacaan tulisan berbahasa Inggris itu biasanya diukur dengan skala Flesch-Kincaid. Angkanya merentang dari 0 - 100. Semakin tinggi angka yang kamu peroleh, semakin tinggi pula tingkat keterbacaannya. 

Tingginya level keterbacaan itu didasarkan pada asumsi bahwa anak usia sekolah dasar atau sekolah menengah bisa memahami tulisan kita. Semakin sederhana kalimat yang kita buat, maka semakin naik pula tingkat keterbacaannya. Inilah tips menulis bahasa Inggris yang sangat berguna untuk membuat pengunjung tertarik untuk lanjut membaca sampai kelar tulisan kita.

Yang ideal dalam skala Kincaid adalah skor 60 -80. Itu berarti anak usia remaja bisa memahami tulisan kita. Tentu saja, kita tetap boleh bermain dengan kalimat "berat", yang agak panjang. Tapi jika tulisan kita memang diperuntukkan untuk orang lain juga, alangkah baiknya bila kalimat yang berat itu dipakai sebagai selingan saja.

Ada lagi satu cara pengukuran tingkat keterbacaan yang aku lupa namanya. Intinya hampir sama. Tolong, 'kasihanilah' para pembaca dengan membuat kalimat-kalimat yang mudah dimengerti.

Untuk melengkapi postingan tips menulis bahasa Inggris ini, berikut beberapa alamat website yang menyediakan tes keterbacaan yang, meskipun gratisan tapi boleh juga dicoba:

Selamat menulis, selamat ngeblog..!



0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: