9/27/2016

5 Manfaat Menulis Untuk Pengembangan Diri Jadi Lebih Baik

Manfaat menulis itu tidak akan benar-benar bisa dibayangkan bila aku tidak melakoninya.

Menulis memberiku efek positif yang nyata, khususnya dalam hal pengembangan diri menjadi lebih baik. Kamu ingin tahu? Sedikit uraian berikut semoga ada manfaatnya.

manfaat menulis

1. Menambah atau mengembalikan rasa percaya diri

Coba saja ==> Kamu menulis, berarti kamu produktif. Apa pun dan bagaimanapun bentuk tulisanmu, kau telah menghasilkan sesuatu yang dapat diindera. Kamu memiliki karya. Kamu bukan seorang yang berjiwa kosong. Tulisanmu itulah kamu.

Suatu hari, kamu akan terkejut karena tidak menyangka, kok bisa ya merangkai kata seunik itu. Rajutan ide yang hampir pasti hilang sekiranya kamu tidak mengikatnya dengan tulisan.

2. Menjadi pengganti kegiatan lain yang kurang bermanfaat

Memegang pena dan kertas atau mengetik di depan layar memicuku untuk menoreh halaman kosong. Entah itu berupa tulisan bebas, artikel, puisi, atau malah gambar-gambar absurd. Dorongan menulis itu sekaligus mementalkan keinginanku untuk bersantai-santai atau melakukan sesuatu yang tidak jelas seperti berkhayal hingga tak tahu waktu, atau mendengarkan obrolan atau gegosipan yang bisa merusak hubungan baik antar sesama.

3. Menjadi terapi bagi hati

Karena begitu banyak pikiran, perasaan, cita-cita, impian yang berjejalan dan ketiadaan teman berbagi, semua itu bisa kuluahkan dengan leluasa lewat tulisan. Hasilnya, ide-ide dan rasa itu menjadi berjejak dan bisa dibaca lagi kapan saja aku mau. Hati ini menjadi lebih lega.

4. Menjadikanku lebih lancar bicara

Terutama di forum atau di depan banyak orang. Sebabnya, menulis membentuk kebiasaan untuk merunutkan pikiran dan mengeksekusinya hingga terlahir sebuah tulisan yang utuh: ada pembuka, isi, dan penutup.  

Lalu gayaku bicaraku kena imbasnya. Aku yang secara default irit bicara bisa lebih santai menyampaikan aapa yang kupikirkan dan kawan bicara pun mudah paham.

5. Mencetuskan ide baru yang tidak terduga

Menulis itu beranak pinak. Sebuah tulisan akan menghasilkan calon tulisan yang lain akibat ide-ide yang muncul secara tidak terduga saat aku menulis. Mungkin dari satu kata yang kurasa unik, tau dari lintasan pikiran yang timbul setelah menuliskan atau melihat sesuatu, dan sebagainya.

Itu manfaat yang sudah kudapat dari aktif menulis dalam setahun terakhir. Kamu mau juga merasainya? :)


image: pixabay.com

0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: