9/28/2016

musuh terbesar seorang intj itu bernama... ignorance!

Rasa-rasanya, aku bisa menebak tipe kepribadian Ali bin Abi Thalib r.a. dari kisah-kisah menakjubkan dan ucapan-ucapannya yang menyejarah. Saat beliau katakan: "no wealth like knowledge, no poverty like ignorance," aku curiga berat beliau seorang INTJ. Beliau punya ide-ide original, tidak takut berbeda pendapat dengan para sahabat Rasulullah, tergas plus pemberani, dan bersumbu panjang alias tidak mudah marah.

Oh ya, apa hubungan khalifah Ali r.a. dengan judul di atas? Sebatas contoh, tidak lebih.

Karena aku juga INTJ, dan sebelum aku sadari keINTJanku aku telah ngefan pada sang khalifah keempat itu. Aku pun sangat membenci ignorance.

Secara bahasa, ignorance bermakna ketidaktahuan, kebodohan, kedunguan, atau kelalaian. Dalam pengertianku sendiri, ignorance sebangun dengan ketidakmautahuan terhadap lingkungan tempat hidup atau kebebalan pikir -bukan karena belum tahu- tapi malas mencari tahu akan suatu hal yang penting dan mendasar bagi hidupnya. Sehingga yang mendominasi alam sadarnya adalah trivia, matters of no real importance. Berhadapan dengan orang-orang model begini bagaikan menaikkan layang-layang di bawah rintik hujan.

Dan Ali bin Abi Thalib r.a. adalah contoh seorang INTJ yang matang.

"If you think education is expensive, try ignorance." Ini satu kutipan yang kutemukan di whale.to yang membekas di hati. Karena ignorance, pada puncaknya akan melahirkan manusia-manusia bermental rendah, senang mengekor orang atau pihak lain. Karena ignorance akan membuat orang terjajah, bahkan bisa jadi tanpa sadar mencintai perbudakan atas diri mereka.

INTJ benci pada aturan-aturan konyol yang memenjara gerak dan pikiran. Meski pola pikir dan rute analisis tiap INTJ segaris, kesimpulan yang dicapai bisa bervariasi. Walau demikian, ignorance bagi INTJ adalah musuh yang harus dihukum mati. Agar ignorance tidak menjadi alat penindas di tangan para diktator karena membusanainya dengan baju kekuatan, seperti dalam novel 1984: IGNORANCE IS STRENGTH.

0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: