1/29/2016

Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance Untuk Pemula


cara menjadi penulis artikel freelance

Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance Untuk Pemula – Dewasa ini semakin banyak peluang kerja yang bisa dilakukan secra online, satu diantaranya adalah penulis freelance. Penulis freelance bekerja secara lepas, fleksibel tanpa terikat tempat dan waktu. Yang paling penting dari pekerjaan ini adalah kemampuan membuat tulisan sesuai pesanan klien dan tidak telat tenggatnya. Penulis freelance terkadang disebut juga sebagai penulis konten.

Prospek kerja penulis freelance ini masih terbuka lebar. Semakin hari semakin banyak website atau blog baru yang bermunculan yang tentu harus diberi konten agar website/situs itu terus berjalan. Blog lama pun bisa saja memerlukan penulis konten. 

Tidak semua blogger mampu mengelola blognya sendiri yang kadang bisa bisa berjumlah puluhan. Menjalani pekerjaan sebagai penulis artikel seolah tidak ada matinya. Dibumbui dengan cerita-cerita sukses para penulis online yang sudah lama berkecimpung di bidang ini, penulis artikel freelance bisa menjadi pekerjaan yang begitu menggiurkan.

Apakah sobat ingin mulai menggeluti pekerjaan ini? Lalu bertanya-tanya bagaimana cara menjadi penulis artikel freelance? Kali ini saya coba jelaskan cara untuk menuju ke sana. Ini khusus untuk pemula banget yang belum tahu menahu atau bingung harus mulai berbuat dari mana.

Perbaiki Kemampuan Menulis

Hal pertama yang harus dimiliki seorang penulis freelance adalah kemampuan menulis yang baik. Ini syarat wajib yang tidak bisa ditawar. Kemampuan yang baik ini mencakup penguasaan kosakata, tanda baca, juga tata bahasa.

Ketiga poin tersebut menjadi modal mendasar sobat dalam merangkai kalimat demi kalimat hingga menjadi sebuah tulisan yang mudah dimengerti. Kebiasaan membaca yang baik akan sangat membantu mematangkan kemampuan menulis kita. Bila kemampuan menulis sudah cukup mumpuni, sekarang tinggal melangkah ke tahap berikutnya.

Mulai Menulis Sekarang Juga

Kalau sobat belum menulis atau jarang-jarang melakukannya, mulai sekarang, menulislah. Ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan menulis yang akan sangat berguna ketika sobat sudah benar-benar memasuki dunia penulisan freelance. Tulisan sobat bisa diposting di blog atau media sosial, bahkan bisa pula ditulis tangan di buku tulis. 

Tulisan-tulisan itu, apapun bentuknya bisa menjadi semacam portofolio yang bisa ditunjukkan kepada calon klien. Tulisan-tulisan itu bisa diseleksi lebih dulu mana yang layak dijadikan portofolio mana yang tidak. Sambil menulis, sobat bisa berburu klien, baik dengan cara bekerja secara mandiri atau melamar ke agen jasa penulisan artikel online.

Mulai Menjadi Penulis Artikel Freelance

Setidaknya, ada 3 cara paling umum untuk memulai menjadi penulis artikel online.

   1. Bekerja secara mandiri

Sobat bisa membuka jasa penulisan artikel dan mempromosikannya lewat blog, media sosial atau   koneksi   antar teman. Sobat juga bisa mencari klien dengan cara selain itu, tergantung kejelian sobat dalam menangkap peluang.

Kelebihan cara ini, sobat bisa menerima bayaran secara penuh dan nama sobat bisa semakin dikenal sebagai penulis artikel handal. Kekurangannya, sobat harus rajin-rajin berpromosi, memperkenalkan jasa penulisan sobat yang mungkin akan memakan waktu yang agak lama. Salah satu tempat potensial untuk memperkenalkan jasa penulisan adalah di ads.id.

   2. Mendaftar di website yang khusus memfasilitasi pertemuan klien dan penjual jasa online.

Di Indonesia ada beberapa website khusus seperti ini, salah duanya adalah sribulancer.com dan projects.co.id. Sobat bisa membuat akun di sana dan mulai hunting pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang sobat punya. Jika sobat menarget artikel berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris dengan fee yang lebih tinggi, cobalah berburu proyek di website-website luar negeri contohnya Elance, Upwork (dulu dikenal dengan nama Odesk) dan iWriter.

Keunggulan proyek ini adalah sobat langsung dapat bernegosiasi dengan calon klien, kepastian pembayaran ditanggung pihak website perantara. Kekurangannya, sobat harus bersaing dengan banyak penulis lain yang ngebid proyek yang ditawarkan oleh si klien. Ini sekaligus menjadi tantangan yang bila berhasil sobat taklukkan, pasti akan memberi kepuasan tersendiri.

   3. Mengajukan lamaran ke agensi jasa penulisan artikel

Hari ini semakin banyak saja jasa penulisan artikel yang bermunculan. Mereka menawarkan jasa penulisan dengan beragam inovasi, seperti pemberian diskon, garansi lolos copysacape, dan lain-lain. Ada banyak agensi yang membuka lowongan penulis artikel yang bisa sobat coba masuki. 

Jika berminat, buatlah lamaran sebaik-baiknya dan sertakan sampel yang meyakinkan. Tulisan-tulisan pribadi terdahulu bisa sobat sertakan sebagai portofolio tambahan. Tulisan tangan pun bisa dimasukkan ke sini, tergantung kreatifitas sobat dalam mengemasnya.

Sobat tidak perlu khawatir meskipun baru terjun di penulisan artikel online. Kemampuan menulis dan kejujuran serta komunikasi yang baik akan menjadi magnet yang akan mendekatkan pemilik agensi kepenulisan kepada sobat.

Bergabung dengan agensi memiliki kelebihan dalam hal kebersinambungan pekerjaan yang ada. Anda bisa saja terus mendapat job ketika sudah diterima. Kekurangannya, fee yang sobat peroleh biasanya lebih kecil daripada menjadi penulis artikel seperti pada nomor 1 dan 2 di atas. Dua contoh agensi kepenulisan yang sekarang membuka kesempatan untuk menjadi penulis lepas ada di sini dan sana.

Apapun pilihan sobat, hal yang paling penting adalah terus meningkatkan kemampuan menulis. Dengan semakin meningkatnya kemampuan menulis, sobat bisa mengajukan penawaran harga artikel yang lebih tinggi kepada calon klien. Sobat juga mulai bisa menentukan jenis tulisan atau bidang apa yang akan menjadi spesialisasi.

Selalu menjaga kualitas dan memahami benar-benar kebutuhan klien adalah kewajiban sobat berikutnya untuk menjadi penulis freelance yang sukses. Networking juga akan sangat membantu kelancaran usaha sobat. Semoga tulisan singkat mengenai cara menjadi penulis artikel freelance untuk pemula ini bermanfaat. Selamat berkarya!

0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: