12/10/2015

Rahasia Menulis Cepat: Jangan Perfeksionis



Mungkin kamu sudah sering membaca tentang cara meningkatkan kemampuan menulis, termasuk cara agar bisa menulis lebih cepat. Satu hal yang mendasar untuk dilakukan agar kita bisa menulis cepat itu adalah: jangan perfeksionis. Setidaknya, begitulah pengalamanku.

Pertama, perfeksionisme dalam menulis akan menghambat penyambungan antar ide yang bisa dimuat dalam satu tulisan. Kalau kita ingin segala hal bisa bagus sekali tempo, kita akan sering melihat ke belakang. Membaca apa yang baru saja kita tulis sebelum satu tulisan utuh kelar. Karenanya, ide akan bisa berubah arah. Tulisan macet di tengah jalan.


Kedua, perfeksionisme dalam menulis justru akan melambatkan kemajuan ketrampilan menulis kita. Menulis adalah sebuah ketrampilan yang akan terasah seiring dengan banyaknya latihan yang kita lakukan. Berlatih menulis adalah waktu produktif yang akan menjadi investasi di masa depan. Kalau kita perfeksionis, kita akan kehilangan waktu produktif itu. Waktu yang sedianya bisa dialokasikan untuk membuat tulisan, akan lebih banyak tersita untuk BERPIKIR. No action, think only.

Ketiga, perfeksionisme akan merugikan, terutama bagi blogger yang mengejar banyak konten dengan membuatnya sendiri. Maunya pingin bisa posting 10 artikel per hari, apa daya satu sampai dua artikel sudah kelelahan. Tulis saja apa yang hendak kamu tulis, soal edit bisa dilakukan belakangan. Sekali lagi, jangan menulis sambil mengedit. 

Jadi, intinya tetap menulislah dengan bebas, usah pedulikan dulu hasilnya sebelum satu tulisan kelar.

Bingung?

Semoga tidak.

Selamat menulis, kawann..

0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: