1/16/2016

Mengapa Ngeblog itu Menyenangkan?

Mengapa ngeblog itu menyenangkan?

Ada banyak jawaban untuk sebuah pertanyaan ini. Mungkin saja tiap blogger akan memberi alasan yang berbeda. Kalau aku, ngeblog itu menyenangkan karena aku merasa keberadaanku di dunia ini jadi lebih nyata.. Tidak peduli betapa masih mengenaskannya mutu tulisanku, aku bisa punya sesuatu untuk diberikan ke pembaca.

1. Ngeblog membuatku merasa tidak kesepian
Maksudku, isi pikiran yang keluar lewat tulisan akan ada yang menyambut, paling tidak dengan sekadar membacanya. Aku merasa tidak sendiri, meskipun jika itu menyangkut opini, perbedaan tidak bisa dihindari.


alasan ngeblog
image dari poorlittleitgirl.com

2. Ngeblog memaksaku untuk bisa menulis cepat.
Aku merasa perlu membunuh sifat perfeksionismeku agar bisa menulis dengan gaya bebas. karena kalau sifat itu selalu kubiarkan hidup, satu tulisan pendek pun akan sulit selesainya. Jika blog hanya berisi sedikit artikel/konten, bagaimana pembaca akan betah berada di blog ini? Dan kenyataannya, blog ini masih miskin postingan.

3. Ngeblog membuatku lebih berhati-hati dalam menulis.
Ngeblog itu berbeda dengan jika aku menulis off-line tanpa publikasi. Kalau menulis model begitu aku bisa berbuat semauku, dengan aturanku sendri. Untuk blog, aku perlu lebih berhati-hati agar sebisa mungkin tidak membuat orang lain/pembaca terluka oleh tulisanku. Meski intinya sama-sama curhat, ada etika yang harus kupegang. Kurasa, ini lebih pada cara penyampaian, seberat atau sekontroversial apapun topik yang akan kutulis. 

4. Ngeblog itu seperti punya rumah sendiri di mayantara.
Punya rumah sendiri pasti berbeda sensasinya dengan menumpang atau mengontrak. Kita bisa bebas menentukan apa saja yang pantas ada di sana dan siapa yang boleh keluar masuk setiap saat. blog gratisan pun masih bisa memberi kenyamanan itu.

5. Punya teman baru, khususnya sesama blogger.
Bila kita sering blogwalking, teman-teman kita tentu akan bertambah. Walaupun belum pernah bertemu langsung, akan terasa ada semacam jalinan tidak terlihat, entah apa namanya.

6. Ngeblog membuatku punya portofolio yang bisa kutunjukkan untuk beragam keperluan.
Mau bertemu orang baru atau mengincar pekerjaan baru misalnya, blog bisa sangat berguna untuk meyakinkan mereka, inilah diriku.

7. Ngeblog membuat pikiran lebih plong.
Ini masih berhubungan dengan poin ke-1. Dengan ngeblog, banyak pikiran yang kusut bisa lurus kembali, sesuatu yang bikin geregetan bisa ditumpahkan dan mungkin saja, bisa menginspirasi orang. Ini bonus yang kurasa tidak ternilai mahalnya. 

Sebenarnya masih ada lagi alsan mengapa ngeblog itu menyenangkan, tapi baru tujuh hal di atas yang bisa kuungkapkan. Anda yang sudah lebih berpengalaman, pasti lebih bisa bercerita banyak. Buat yang pingin ngeblog tapi masih dalam angan-angan, ayo mulai ngeblog hari ini juga dan rasakan efek baiknya. Selamat ngeblog!


4 comments:

  1. iya bener.. banyak kesamaan dengan apa yang kualami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... :)

      Satu hal lagi yang membuat ngeblog itu menyenangkan adalah respon atau komentar dari pembaca seperti ini..

      Thanks Freddy ya..

      Delete
  2. Menurut saya, ngeblog itu menyenangkan karena bisa menjalin hubungan pertemanan dan jaringan profesional seluas mungkin. Jangan sungkan mampir ke http://www.pemasaranjaringan.com juga. Salam Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas Cepi, saya juga merasakannya. Tambah teman dan jaringan makin meluas.
      Salam blogger dan semoga sukses selalu :)

      Delete

I'd love to hear you saying something: