11/10/2016

Resep Sambal Terong Pedas yang Bikin Ketagihan

Sebagai penyuka terong, saya sering mengolah sayuran ini menjadi berbagai makanan. Salah satunya dibuat semur terong. 

Sambal terong adalah makanan yang telah membuat saya begitu lama penasaran. Sebabnya, saya sering gagal membuat hidangan terong yang rasanya maknyus di lidah. Sebenarnya sudah beberapa kali saya buat sambal ini tapi prosesnya lama. 


Kalau resep yang ini bahannya gampang didapat dan cara pembuatannya pun cepat, tidak sampai satu jam bisa selesai semuanya. Resepnya masih mengambil dari internet, namun saya modifikasi di sana sini. Hasilnya cukup mantap di lidah. Mari kita buat..

BAHAN:
  • terong ungu 2 buah, ukuran besar
  • bawang putih 3 siung
  • bawang merah 8 siung
  • tomat merah ukuran sedang 3 buah, diiris tipis
  • cabe merah besar 5 buah
  • cabe rawit 10 buah atau sesuai selera
  • gula merah secukupnya
  • daun salam 2 lembar
  • air 200 ml
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT:
  1. Haluskan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe merah besar, dan sedikit garam), sisihkan.
  2. Cuci bersih terong, lalu potong-potong sesuai selera. Setelah itu goreng sampai layu/harum, angkat.
  3. Tumis bumbu halus sampai aroma harumnya keluar, masukkan tomat, tumis lagi hingga tomatnya layu.
  4. Masukkan air, gula merah, dan daun salam, masak hingga mendidih.
  5. Tambahkan garam jika perlu sembari koreksi rasa.
  6. Masukkan terong, aduk sebentar. Biarkan agar airnya agak menyusut, lalu angkat.
  7. Sudah jadi dan siap dinikmati.

Nah, gampang kan bikinnya? Sambal terong pedas seperti ini akan lebih terasa nikmat bila dipakai buat lauk saat turun hujan. Seperti saat saya tulis postingan ini.


0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: