2/17/2016

Golden Ginger Tea: Minuman Hangat Pengusir Penat

Adakah di antara Anda yang menyukai jahe? Dibuat minuman, dijadikan perasa dalam kue atau lainnya?
khasiat jahe

Saya sendiri suka banget minuman beraroma jahe. Selain membuat hangat, rasanya juga lezat. Salah satu minuman berbahan dasar jahe kesukaan saya adalah "golden ginger tea." Ini nama yang saya berikan sendiri. Entah cocok atau tidak. Tapi jahe hangat sangat cocok dimunum ketika cuaca dingin kerap menyelimuti seperti sekarang.

Inspirasinya berasal dari ramuan ginger tea yang pernah saya baca di sini. Anda pingin membuatnya sendiri?

Begini resepnya ala saya

minuman jahe

Bahan:
  • Rimpang jahe 12 cm
  • Kunyit ukuran telunjuk 6 buah
  • Kelapa sedang 1/4 butir
  • Air 700 ml (kira-kira 3 gelas) 
  • Madu
  • Gula kelapa 50 gram (opsional)


jahe kunyit

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Jahe dibakar sampai berbau harum, kelupas kulitnya. Terus digeprek atau diris tipis-tipis
  3. Kupas kunyit, lalu parut
  4. Kelapa diparut, tambahkan 3 gelas air dan buat santan
  5. Masukkan semua dalam satu wadah, tambahkan gula kelapa
  6. Rebus sampai mendidih, biarkan beberapa saat sambil diaduk
  7. Saring sambil diperas sampai ampas kering
  8. Masukkan gelas penyaji, tambahkan madu 1 sendok makan untuk tiap satu gelasnya, aduk rata
  9. Sudah jadi, nikmati selagi hangat
Golden ginger tea ini selain lezat, juga bikin perut kenyang. Resep ini untuk 3 porsi.

Golden Ginger Tea: Superfood Dalam Satu Paket

Minuman jahe ini memadukan beberapa superfood dalam satu paket. Jahe, kunyit, santan kelapa dan madu punya khasiat yang super. Semuanya relatif mudah diperoleh di sekitar kita.

Jahe memiliki zat aktif seperti gingerol dan shogaol yang efektif untuk mencegah dan mengobati peradangan. Jahe juga bermanfaat sebagai pencegah dan pembunuh sel kanker, memperbaiki kesehatan liver, menghancurkan batu ginjal dan masih banyak lagi. Kunyit memiliki khasiat anti radang, anti infeksi, membantu pencernaan makanan dan lain-lain. Manfaat kunyit yang paling spektakuler mungkin sebagai pencegah dan pengobat kanker. 

Sementara santan kelapa punya nilai nutrisi yang tinggi. Mungkin orang sekarang banyak yang menjauhinya karena santan dianggap sebagai pemicu kolesterol tinggi. Tapi, kalau kita telusuri studi terkini, isu kolesterol ini lebih banyak yang berupa mitos. Kolesterol adalah molekul penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel, juga beberapa fungsi lainnya.

Menurut dr. Frank Lipman, 3/4 penderita serangan jantung untuk pertama kalinya memiliki level kolesterol normal. Data dari Framingharm Heart Study yang dihimpun selama 30 tahun lebih menunjukkan kalau dalam semua kelompok umur, mereka yang pemegang kadar kolesterol tinggi tidak tercatat punya angka kematian yang lebih tinggi. Pada orang usia lanjut, kematian lebih awal terjadi pada mereka dengan kadar kolesterol lebih rendah. (1)

Santan mengandung lemak baik dalam bentuk asam lemak rantai sedang (MCFA - medium chain fatty acid). MCFA ini berbeda dari asam lemak rantai panjang (LCFA) yang banyak terdapat dalam sayuran atau minyak dari biji-bijian. MCFA lebih mudah dipecah dan tidak memerlukan enzim khusus untuk mencernanya. Hasil metabolismenya berupa energi, bukan lemak. 

Selain itu, santan juga masih punya asam laurat, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Serat dan aneka trace mineral -kalsium, natrium, magnesium, besi, selenium, fosfor- terdapat di dalamnya. Santan tidak mengandung laktosa, sehingga aman buat sesiapa yang alergi terhadapnya. (2)

Superfood lainnya, madu, tentu sudah bukan asing lagi jika minuman satu ini punya berjuta manfaat. Meski punya rasa manis, madu murni aman bagi bagi penderita diabetes. Saya rasa golden ginger tea dengan komposisi seperti di atas juga pantas disebut sebagai "minuman Qur'ani". Madu dan jahe sama-sama disebut di sana dengan penggambaran yang sangat bagus. Madu sebagai obat dan jahe (zanjabil) sebagai campuran minuman di surga. Siapa yang enggak mau?

Referensi:



(2) Coconut Milk: Add Rich Tropical Goodness To Your Everyday Life

 
*image paling atas via pixabay.com

0 comments:

Post a Comment

I'd love to hear you saying something: